24 Februari, KPU Gelar Pleno Hasil Pilkada Serentak di Sultra – Kendari Pos Online
Koni Sultra
Iklan DPRD
Politik

24 Februari, KPU Gelar Pleno Hasil Pilkada Serentak di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID KENDARI– Pemilihan kepala daerah bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota Kendari dianggap berjalan baik, lancar dan sukses. Kendati, ada riak-riak demonstrasi yang dilakukan pendukung kandidat tertentu. Selain itu, Kamis (16/2) kemarin, digelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) disalah satu di Desa Inulu Kecamatan Mawasangka Timur, Buton Tengah. Namun, demikian tidak menjadi soal sebab langsung dilakukan PSU dihari itu juga.

HIDAYATULLAH-1024x768

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah mengatakan pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota secara umum berjalan dengan baik. Antusiasme masyarakat juga terbilang tinggi. Yakni melebihi target yang diberikan oleh KPU RI sebanyak 77,5 persen. Namun, realisasinya di Sultra mencapai 80 persen keatas. “Alhamdulillh, hasilnya semua baik, lancar dan sukses,” jelasnya saat ditemui di Kantor KPU Sultra, Kamis (16/2).

Dijelaskannya, bahwa paska penghitungan suara di TPS langsung diserahkan semua hasilnya oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang langsung langsung diantar ke kantor Kecamatan untuk diserahkan kepada Panitian Pemilihan Kecamatan (PPK). Jadwal rekapitulasi perolehan suara Di PPK yg merupakan hasil penghitungan suara di TPS akan dilakukan pada Rapat pleno tingkat PPK.

“Rapat pleno tingkat PPK itu nanti mulai pada hari ini tanggal 16 Februari sampai tanggal 22 Februari. Kemudian, rekapitulasi di tingkat KPU kabupaten/kota itu pada tanggal 22 Februari sampai tanggal 24 Februari 2017. Jadi hasil resmi yang akan dikelurkan untuk ditetapkan sebagai calon terpilih bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota di tujuh KPU kabupaten/kota se-Sultra setelah selesai pleno rekapitulasi hasil oleh KPU itu,” jelasnya.

Dijelaskannya, saat ini belum ada keputusan final sebelum ditetapkannya pada jadwal tersebut. Sehingga, warga masyarakat masih tetap bisa mengontrol hasil suara pada pemungutan suara di TPS dapat dilihat pada papan pengumuman di desa atau kelurahan serta C1-KWK. Perolehan suara per TPS juga diberikan pada saksi-saksi baik itu saksi pengawas TPS, saksi paslon dan untuk kepentingan scanner C1 KPU kabupaten/kota untuk di upload dan entri data melalui website kpu ri.go.id.

Lebih jauh, kata dia, dalam Pilkada serentak 2017 ini, KPU menggunakan sistem informasi penghitungan suara dengan meakinsme yang jelas. Pertama KPPS melakukan scan form C1-KWK. Selanjutnya memasukkan data C1-KWK termuat elemen informasi perolehan suara pasangan calon disetiap TPS, jumlah pemilih gunakan hak pilih, surat suara yg digunakan, surat suara sah dan surat suara tidak sah. Hasil entri (masukkan) data C1-KWK dan hasil scann dpt diakses di laman KPU RI. proggres sampai dengan lima hari pemungutan suara di TPS.

“Untuk perkembangan hasil scan C1-KWK tersebut untuk KPU Kabupaten Buton dan KPU Kota Kendari sudah 100 persen per tanggal 16 Februari 2017 atau sehari setelah pelaksanaan pungut hitung. Hasilnya, silahkan masyarakat melihat dan mencatat apakan nanti akan terjadi perbedaan hasil dari TPS dengan proses rekapitulasi suara yg akan di pleno dan ditetapkan pada tingkat PPk dan KPU kabupaten/kota,” tandasnya. (wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top