Waduh, Cewek Indonesia Terlibat Pembunuhan Kakak Tiri Pemimpin Korut – Kendari Pos Online
Hukum & Kriminal

Waduh, Cewek Indonesia Terlibat Pembunuhan Kakak Tiri Pemimpin Korut

KENDARIPOS.CO.ID Polisi Diraja Malaysia menangkap tersangka kedua dalam kasus pembunuhan atas Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Yang mengejutkan, tersangka kedua yang ditangkap ternyata seorang perempuan berpaspor Indonesia dengan nama Siti Aishah.

timthumb (1)

Inspektur Jenderal Polisi Diraja Malaysia Khalid Abu Bakar dalam pernyataan pers menyatakan, pihaknya sudah menetapkan tersangka kedua pada 13 Februari 2017sesuai dengan rekaman CCTV. ”Dia ditangkap sendirian,” ujar Khalid melalui pernyataan tertulis.

Dalam keterangan resmi Polisi Diraja Malaysia juga disebutkan bahwa Siti Aishah. lahir di Serang, Indonesia pada 1992. Dikutip kantor berita Reuters, tersangka ditangkap di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Di lokasi itulah lelaki yang diduga Kim Jong-nam terjatuh dan kemudian meninggal dunia saat akan dibawa ke rumah sakit. Polisi juga memburu tersangka lain bernama Doan Thi Huong (28) dari Vietnam.

Dalam remanan CCTV terungkap ada dua perempuan yang berada di samping Kim Jong-nam sebelum dia terjatuh. Keduanya kemudian meninggalkan Jong-nam naik taksi.

Dalam rekaman yang tersebar di media Korea Selatan dan Malaysia itu terlihat salah seorang tersangka menggunakan t-shirt bertulis LOL (lots of laugh – tertawa terbahak-bahak, Red) pada bagian depan. Pemerintah Malaysia memang belum memberikan informasi resmi bahwa lelaki yang meninggal dunia itu adalah Kim Jong-nam yang berpergian dengan mengunakan nama Kim Chol.

Namun, pemerintah Korea Selatan meyakini pria itu adalah Jong-nam. Kalangan intelijen bahkan menyebut Jong-nam diracun.
Sementara Korut belum memberikan komentar atas kematian Jong-nam. Namun, pejabat dari kedutaan Korut di Malaysia sudah mengunjungi RS tempat mayat Jong-nam berada.

Jong-nam diserang pada Senin pagi saat menanti penerbangan di terminal 2 Bandara Internasional Kuala Lumpur pada pukul 10.00, sebelum terbang ke Macau. Kronologis kejadiannya memang belum jelas karena ada beberapa versi.

Ada yang mengatakan dia disemprot dengan cairan kimia. Tapi ada juga yang menyebutkan wajahnya dibekap dengan kain. Jong-nam sendiri meninggal dunia saat menuju RS.

Jong-nam lahir dari salah satu istri ditaktor Korut Kim Jong-il, Sung Hae-rim. Sementara Kim Jong-un lahir dari rahim Ko Yong-huo.(BBC/Reuters/Bernama/tia)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top