PSSI Gelar Kompetisi Usia Dini – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Olahraga

PSSI Gelar Kompetisi Usia Dini

PSSI

KENDARIPOS.CO.IDPSSI menggelar kompetisi usia dini untuk U-15 dan U-17 untuk memperbaiki masa depan sepak bola tanah air.

Direktur Kompetisi Usia Dini PSSI, M. Yusuf Kurniawan mengatakan, kompetisi untuk dua usia berbeda itu mulai bergulir di level regional mulai Maret hingga September mendatang.

Sementara untuk putaran nasional rencananya berlangsung pada sekitaran Oktober dan November. “Seluruh daerah di Indonesia sudah konform untuk mengambil bagian dalam even ini,” kata Yusuf.

Menurut dia, format kompetisi nanti akan berbentuk liga, bukan lagi seperti turnamen-turnamen kecil yang sering dilakukan secara parsial oleh beberapa daerah atau even organizer.

Tujuannya, agar para pemain-pemain usia dini tersebut sudah bisa terbiasa dengan jumlah pertandingan yang banyak dan berkesinambungan.

Sebab, dengan konsep regulasi yang saat ini sedang mereka rancang, setiap klub peserta minimal harus menjalani 14 hingga 18 pertandingan sebelum sampai ke putaran nasional.

Dengan jumlah tersebut, Yusuf menuturkan bahwa, para pemain pemain muda Indonesia akan terbiasa dengan ritme kompetisi sejak dini.

“Mereka akan bermain secara reguler dalam setiap pekan. Dan, itu sangat bagus untuk menjaga fisik dan skil serta mental bertanding mereka,” papar dia.

“Target jangka pendek kami adalah, bakat-bakat pemain muda mulai bermunculan untuk persiapan tampil di Piala AFF U-15, Juli mendatang,” tegasnya.

Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini sendiri menuturkan bahwa dia sangat dituntungkan dengan adanya dua turnamen kelompok umur yang akan digelar oleh PSSI tersebut. Sebab, dengan begitu, dia sangat terbantukan untuk mendapatkan talenta-talenta muda.

“Intinya, kami langsung bisa melihat kualitas pemain saat mereka bertanding,” ujar Fakhri.

Meski begitu, Fakhri sudah mulai melakukan proses pembentukan tim pada 23 Februari mendatang di Purwakarta, Jawa Barat.

Dari sejumlah nama hasil rekomendasi Kemenpora dan talent scouting tersebut kemudian akan dikerucutkan menjadi 40 pemain yang berhak mengikuti training center di Cijantung mulai April mendatang.

“Tapi, waktu kami masih lumayan banyak, masiih tersisa waktu selama lima bulan. Kami akan memaksimalkan waktu ini untuk membentuk tim secara maksimal,” lanjut Fakhri. “Nanti, beberapa pekan sebelum even, akan kami mengerucutkan skuad menjadi 23 pemain saja sebelum berangkat ke Bangkok,” papar dia. (ben)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top