Perut Pria Jadi Buncit Setelah Menikah, Mengapa? – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Iklan LA
Kesehatan

Perut Pria Jadi Buncit Setelah Menikah, Mengapa?

ilustrasi

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.IDDosen prodi ilmu gizi, Dr. Healthy Hidayanty, SKM., M.Kes., menerangkan, perut buncit atau dalam bahasa kesehatannya disebut obesitas sentral adalah lemak terdistribusi lebih banyak pada daerah perut.

“Seseorang dikatakan Obesitas sentral jika lingkar perut pada laki2 >= 90 cm. Sedangkan pada perempuan >= 80 cm,” terang Healthy.

Dosen prodi ilmu gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Abdul Salam,SKM , M.Kes, menuturkan pria kecenderungan memiliki perut buncit.

Salah satu faktornya, makanan lebih teratur. Karena istri senantiasa mengidangkan makanan ditambah makanan jajanan saat kerja. Dan tidak diiringi olahraga rutin. Sehingga lebih banyak pria mengalami kebuncitan.

“Pada tubuh manusia memiliki sel-sel lemak yang mudan berubah atau bertambah banyak ketika makannya tidak terkontrol. Pada pria kebanyakan lemak berada bagian perut ke atas. Sedangkan wanita bagian pinggul kebawah. Hal tersebut menyebabkan model atau bentuk kegemukan pada wanita dan pria berbeda,” terang Abdul.

Beberapa penyebab perut membuncit. Misalnya pertambahan usia menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lambat.

Akhirnya menyebabkan penumpukan lemak (jika tidak dibarengi dengan olahraga rutin).

Makan banyak berkalori tinggi dan lemak. Juga minuman berkarbonasi ataupun minuman kemasan mengandung gula.

Dosen Jurusan Ilmu Gizi Politeknik Kesehatan Makassar, Manjalala, S.Si, M. Kes, Apt. mengungkapkan lemak pada bagian perut dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: lemak subkutan dan lemak visceral.

Lemak subkutan merupakan lemak yang bisa dicubit dari dinding perut. Dan agak lembek saat ditekan. Jaringan aliran darah pada area lemak subkutan lebih sedikit.

Hingga tubuh lebih sulit untuk mengurainya sebagai energi. Itulah kemudian mengapa perut yg buncit itu awet.

“Sel visceral pada pria lebih banyak dibanding wanita dan terletak diarea atas perut. Itu menyebabkan, perut pria cenderung membuncit ketimbang wanita,” ungkap Manjalala, seperti diberitakan FAJAR (Jawa Pos Group).

Cukup sulit untuk mengecilkan perut, ujar Manjalal, karena butuh waktu, kesabaran dan konsistensi. Dan beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Tidur teratur dan istirahat yang cukup

2. Rutin melakukan aktivitas fisik dan berolahraga minimal 30 menit dalam 1 hari

3. hindari stress

4. Menghindari makanan tidak sehat khususnya makanan gorengan

5. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan.

Personal trainer Stars Gym, Karsiman Arief, mengatakan, latihan seberat apapun kalau “mulut” (makanan) tidak bisa dijaga, tubuh berlemak dan tidak ideal.

“Semua teknik latihan sama, push up, sit up, gym. Tetapi membedakan adalah makanan. Tips dari saya, diet 40 persen, istirahat 40 persen dan olahraga 20 persen,” pungkasnya. (Mg25)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Iklan Catur
To Top