Konstruksi Tower Bank Sultra Dimulai – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
Zetizen Iklan Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Konstruksi Tower Bank Sultra Dimulai

Gubernur Nur Alam memperhatikan maket Bank Sultra Tower. Turut mendampingi Kepala BPD Sultra, Yusup Kumalaraden, Komisaris Utama Bank Sultra, Roy Suryo, Kepala BIN Sultra,, Andi Sumangerukka, dan usur Forkompimda, Jumat (3/2).

Gubernur Nur Alam memperhatikan maket Bank Sultra Tower. Turut mendampingi Kepala BPD Sultra, Yusup Kumalaraden, Komisaris Utama Bank Sultra, Roy Suryo, Kepala BIN Sultra,, Andi Sumangerukka, dan usur Forkompimda, Jumat (3/2).

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI–Sebuah gedung 14 lantai akan berdiri menjulang di tengah Kota Kendari. Setelah sempat tertunda karena proses perencanaan desain yang harus direvisi, pengerjaan konstruksi gedung tower Bank Sultra akhirnya bisa terealisasi. Ground breaking pelaksanaan proyek senilai Rp 120 miliar ini ditandai dengan pamasangan tiang pancang gedung, Jumat (3/2). Sesuai rencana, pengerjaan proyek yang menjadi salah satu gagasan Gubernur Sultra, H. Nur Alam akan dikerjakan selama dua tahun oleh PT Brantas Abipraya.

Gubernur Sultra, H Nur Alam mengatakan pembangunan gedung tower Bank Sultra akan mendongkrak citra dan kapasitas daerah. Sebagai perusahaan daerah, ternyata Bank Sultra bisa menujukan eksistensinya di tengah persaingan bisnis Perbankan. Padahal siapa yang menyangka 9 tahun lalu, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini nyaris bangkrut. Dengan keuntungan yang hanya Rp 20 miliar pertahun, BPD Sultra masih harus dibebani masalah kredit macet. Pada tahun 2008 lalu, rasio Non Performing Loan (NPL) mencapai 7,8 persen.

Namun setelah dilakukan evaluasi kata mantan Ketua DPW PAN Sultra ini, laba perusahaan secara perlahan mulai naik. Kondisi perusahaan terus membaik. Tahun 2016, laba Bank Sultra mencapai Rp 220 miliar atau naik 20 persen dibanding tahun 2015 lalu dengan nilai NPL 2,5 persen. Dalam penilaian Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kondisi keuangan perusahaan sangat sehat. Sebagai bentuk konsistensi dan pengakuan, Bank Sultra membangun gedung yang lebih representatif.

“Di sisi lain, proyek ini secara tidak langsung akan mempercantik wajah kota. Sebagai ibu kota provinsi, Kendari mulai menunjukan kapasitas dan layaknya disejajarkan dengan daerah lain yang dipenuhi gedung-gedung tinggi. Memang dibandingkan dengan ibu kota provinsi lain, Kendari masih jauh. Kalau di Jawa, gedung lantai 14 masih kelas menengah ke bawah. Namun apapun itu, Kendari sudah menuju kota semipolitan,” kata suami anggota DPR RI, Asnawati Hasan.

Mantan Ketua KONI Sultra ini berharap pembangunan proyek tersebut bisa berjalan sesuai tahapan. Setelah pemasangan tiang pancang pertama, akan dilanjutkan dengan pekerjaan lainnya. Dengan label Badan Usaha Milik Negara (BUMN), ia percaya PT Brantas  Abipraya bisa menuntaskannya sesuai jadwal. Meskipun ia sadar pengerjaan proyek ini tak akan rampung di era kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur, H.M. Saleh Lasata.

“Kalau melihat tahapan, gedung ini akan dirampungkan akhir tahun 2018. Bisa dipastikan, pejabat baru yang akan meresmikan gedung ini. Kendati tidak lagi menjadi gubernur, saya berharap bisa menyaksikan peresmiannya. Yang sulit itu kan, bagaimana memulai. Kalau yang meresmikan kan gampang,” kata mantan Wakil Ketua DPRD Sultra tersebut.

Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra, Khairul Kemala Raden mengatakan prestasi yang diraih tak lepas dukungan dan kepercayaan masyarakat dan Pemda se-Sultra. Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, pengembangan bisnis BUMD ini menunjukan tren positif. Kantor perwakilan Bank Sultra yang tadinya hanya di daerah tertentu saja, kini sudah berada di seluruh kabupaten/kota. Saat ini jumlah kantor perwakilan mencapai 50 unit. Dengan makin meningkatkan tuntutan pelayanan dan dukungan gubernur, Bank Sultra berinisiatif membangun gedung baru yang lebih representatif.

“Dibangunnya kantor baru ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan terhadap nasabah. Apalagi kantor BPD di jalan Mayjen Sutoyo sudah tak memadai lagi. Gedung ini nantinya tidak hanya digunakan oleh Bank Sultra. Beberapa lantai gedung akan disewakan ke Perbankan, investor, organisasi atau perusahaan lainnya. Dengan semakin membaiknya laba perusahaan, maka akan berkontribusi pada pembayaran dan pembagian deviden ke Pemda di Sultra,” pungkas Khairul. (mal)

Tower BPD Sultra:
Tinggi : 14 Lantai
Nilai Kontrak : Rp 120 M
Rekanan : PT Brantas Abipraya
Lama Pekerjaan : 2 Tahun (Tuntas Akhir 2018)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top