900 Pejabat Eselon III dan IV Pemprov Sultra Dikukuhkan – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Iklan LA
HEADLINE NEWS

900 Pejabat Eselon III dan IV Pemprov Sultra Dikukuhkan

Ratusan pejabat mengikuti pengukuhan/pelantikan pejabat eselon III dan IV lingkup Pemprov Sultra, Kamis (12/1) pagi.

Ratusan pejabat mengikuti pengukuhan/pelantikan pejabat eselon III dan IV lingkup Pemprov Sultra di Aula Bahteramas Setprov Sultra, Kamis (12/1) pagi.

 

KENDARIPOS.CO.ID,KENDARI-Susunan jabatan struktural di lingkup Pemprov Sultra kembali berubah. Bila Desember tahun 2016 lalu lebih didominasi jabatan eselon II, kali ini giliran pemangku eselon III dan IV. Dari sekitar 900 pejabat yang akan dilantik, hanya dua jabatan yang setingkat eselon II yaitu posisi Direktur RSUD Bahteramas dan RSJ Sultra definitif. Pelantikan pejabat baru ini telah digelar di Aula Bahteramas Kantor Sekretariat Provinsi (Setprov) Sultra, pagi ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, Hj Nur Endang Abbas mengungkapkan, pelantikan merupakan tidak lanjut perubahan Susunan Organisasi Tata Kelola (SOTK) baru. Pasalnya, ada beberapa jabatan yang tidak hanya berubah nomenklatur (nama), tetapi kewenangan. Makanya, struktur jabatan yang ada harus kembali ditetapkan. Meskipun ada beberapa pejabat yang dimutasi atau pergesesaran, namun tidak signifikan. Apalagi sebagian besar pejabat yang dilantik hanya tinggal dikukuhkan saja.

“Namanya penetapan ulang, pasti dimungkinkan terjadi pergantian jabatan atau pergeseran. Dalam sebuah organisasi pemerintahan, mutasi atau promosi adalah hal biasa. Apalagi ada beberapa lembaga atau jabatan yang ditiadakan pasca pembentukan lembaga baru. Namun untuk penempatan jabatan tetap disesuaikan dengan kemampuan dan background masing-masing pegawai,” jelas mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sultra ini.

Penempatan pejabat baru ini sambung mantan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPPPA-KB) Sultra, tidak hanya jabatan yang melekat di SKPD. Namun hingga di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD). Makanya, jumlah jabatan yang akan dilantik cukup banyak. Pasalnya, seluruh kepala UPTD akan dilantik ulang termasuk jabatan Direktur RS. Namun untuk jabatan direktur RS Bahtermas dan RSJ statusnya jabatannya setingkat eselon II. Sementara untuk UPTD lainnya hanya eselon III.

“Memang ada rencana status direktur RS akan disamakan dengan UPTD. Hanya saja, sampai saat ini petunjuk teknisnya belum kami terima. Makanya, dalam jabatan struktural masih dikelompokan setingkat eselon II B. Apalagi Perda menyangkut lembaga ini belum berubah,” jelas mantan Sekretaris Bappeda Sultra ini. (amal)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Iklan Catur
To Top