Ini Sepuluh Sekolah Pelaksana UNBK – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Ini Sepuluh Sekolah Pelaksana UNBK

ilustrasi. Fasilitas ruang komputer di Kota Kendari

ilustrasi. Fasilitas ruang komputer di Kota Kendari

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari, menetapkan 10 SMP di Kota Kendari sebagai pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer UNBK) tahun 2017. Sekolah tersebut, antara lain SMPN 1 Kendari, SMPN 4 Kendari, SMPN 5 Kendari dan SMPN 9 Kendari.  Sekolah yang ditetapkan sebagai penyelenggara UNBK telah memenuhi syarat dan siap menjadi sekolah pelaksana ujian online.

“Nama-nama sekolah yang ditunjuk sebagaipenyelenggara UNBK akan dikirim di Kemendikbud. Sebenarnya, kami berharap lebih dari 10 sekolah yang akan dijadikan sebagai pelaksana. Namun setelah disurvei hanya 10 sekolah yang memenuhi syarat. Sekolah ini  punya laboratorium dan memiliki minimal 20 unit komputer dan satu unit server,” kata Kadis Dikbud Kota Kendari, Makmur MPd di ruang kerjanya Selasa (10/1).

Kata Makmur, pihaknya menargetkan sekitar 50 persen sekolah Kota Kendari bisa melaksanakan UNBK. Olehnya itu, 10 sekolah pelaksana akan menampung semua sekolah terdekatnya masing-masing. Bagi yang tidak bisa menjangkau sekolah pelaksana, maka tetap menggelar UN dengan cara Paper Base Test.

“Saya berharap, Kementrian dapat menurunkan bantuan, khususnya penambahan server. Dengan ini, nantinya kendala pelaksanaan UNBK bisa diatasi sebab disupport dengan server yang besar. Masing-masing sekolah pelaksana memiliki operator yang akan dibina langsung oleh kementrian. Kami juga akan menyediakan admin khusus untuk mengkoordinir admin di masing-masing sekolah,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kendari, Mahdin, M.Pd., menuturkan jika sekolahnya siap dijadikan sebagai sekolah pelaksana UNBK. Katanya, sejauh ini kesiapan sekolahnya sudah cukup baik sebab UNBK bukan lagi hal baru. Sekolah yang dipimpinnya itu memiliki 95 unit komputer ditambah dengan 3 buah server.

“Kami memiliki peserta UN sebanyak 270 orang. Berdasarkan informasi bahwa pelaksanaan UNBK akan dilakukan 3 sesi per hari. Kemudian, untuk SMP/MTs UN-nya akan digelar dua gelombang. Pertama dijadwalkan pada tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei. Sedangkan untuk gelombang kedua dijadwalkan pada tanggal 8, 9, 10, 16 Mei. Jadi sekolah yang mengganbung bisa menggelar UNBK dengan lancar nantinya,” ungkap Mahdin.

Hal yang sama diungkapkan Kepala SMPN 4 Kendari melalui Wakasek Kurikulum, Arifin. Walaupun UNBK masih hal baru di SMPN 4 Kendari, namun pihaknya tetap bersedia menjadi pelaksana UNBK. Menurut dia, sekolahnya sudah dipercaya oleh pemerintah jadi harus bisa. Apalagi memenuhi syarat sebagai pelaksana UNBK.

“Kami memiliki 20 unit komputer ditambah 1 buah server. Sebenarnya, kami memiliki peserta UN sangat banyak yaitu 430 orang. Mulai saat ini, siswa juga sudah mulai ditraining terkait hal itu. Sebab laboratorium kami juga sering digunakan sebagai UKG jadi untuk peresiapan sarana ujian tidak ada masalah. Saya kira dinas juga akan ikut membantu sekolah-sekolah pelaksana. Kami sudah siapkan dua orang operator,” tutupnya. (kendaripos)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top