Rp 11,6 M Dialokasikan Untuk Kebun Raya – Kendari Pos Online
Iklan DPRD
Metro Kendari

Rp 11,6 M Dialokasikan Untuk Kebun Raya

Walikota Asrun memperhatikan peta lokasi kebun raya Kota Kendari. Foto: Dok Kendari Pos

Walikota Asrun memperhatikan peta lokasi kebun raya Kota Kendari. Foto: Dok Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID,KENDARIHarapan rekanan pembangunan Kebun Raya Kota Kendari untuk mendapat alokasi dana sebesar Rp 17 miliar pada tahun 2017 ini, tak terwujud. Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera), dana yang ditransfer hanya Rp 11,6 miliar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kehutanan dan Pertanian Kota Kendari, Zainal Arifin. Mantan Kepala Dinas Tata Kota dan Perumahan ini mengatakan awalnya mereka mendapat informasi dari pusat jika tambahan dana untuk pembangunan fasilitas Kebun Raya seluas 113 hektar itu sebanyak Rp 17 miliar. “Perekenomian nasional masih kurang baik, sehingga pada saat penandatanganan MoU pada 22 Desember 2016 lalu, saya lihat hanya Rp 11,6 miliar,” ungkap Zainal Arifin.

Sesuai master plan, Kebun Raya itu akan menyerap anggaran Rp 64 miliar. Kontrak kerjanya akan berakhir Desember 2019 mendatang. Itu artinya, mitra kerja masih membutuhkan suplay dana sekitar Rp 30 miliar lagi untuk menuntaskan seluruh fasilitas di sisa waktu dua tahun berikutnya. Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kebun Raya Kendari, Laode Yama mengatakan, pembangunan fasilitas tahap pertama telah rampung pada 24 Desember lalu. Dengan dana sebesar Rp 13 miliar yang ditransfer pemerintah pusat pada 2016 lalu, pihaknya sudah menuntaskan dua item pekerjaan.

“Alhamdulillah pembangunan tahap pertama sudah di PHO sesuai kontrak berakhir tanggal 24 November dengan dua item pekerjaan yaitu pembangunan konstruksi Kebun Raya dan pembangunan RTH” jelasnya. Lebih lanjut dia menambahkan pihaknya saat ini tinggal menunggu pencairan anggaran tahap dua untuk melanjutkan sejumlah bangunan lainnya. “Pagar keliling masih ada yang belum rampung, tahun ini baru dilanjutkan,” katanya. (elyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top