Kadin Prediksi Investasi Tumbuh Subur di Sultra – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Ekonomi & Bisnis

Kadin Prediksi Investasi Tumbuh Subur di Sultra

Ketua Kadin Sultra, La Mandi SE

Ketua Kadin Sultra, La Mandi SE

KENDARIPOS.CO.ID,KENDARI—Kendatipun pertumbuhan investasi Sultra tidak lepas dari kondisi ekonomi global, namun Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sultra, LaMandi, SE., optimis Bumi Anoa mampu bertahan dengan beberapa komoditi andalan untuk menarik minat investor di tahun 2017. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi Sultra tahun lalu berada di kisaran 6,2 persen atau lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang merupakan pertanda akan tumbuh suburnya sektor investasi Sultra tahun depan.

Menurutnya, di mata investor Sultra akan tetap dilirik sebagai sasaran investasi karena beberapa faktor penunjang. Pertama, potensi perikanan dan kelautan yang memiliki posisi cukup besar sehingga jadi peluang investasi di tahun ini.

“Kedua adalah sektor pertambangan. Beberapa perusahaan asing bahkan telah mulai berinvestasi di Sultra khususnya pembangunan smelter. Perlu diingat, Sultra adalah salah satu provinsi pemilik sumber daya mineral (utamanya nikel) terbesar,” ujarnya.

Selanjutnya, sambung pria asal Wakatobi, sektor pertanian, perkebunan dan peternakan juga menjadi primadona. Ia yakin, ketiga sektor inilah yang bakal dirambah oleh para investor di tahun 2017, bahkan hingga seterusnya dan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Sultra dari segi pengembangan investasi.

Sebagai flashback, di tahun 2016, pertumbuhan investasi Sultra cukup baik. Misalnya, saat pemerintah pusat menentukan bahwa bahan baku mineral tidak boleh dikirim dalam bentuk gelondongan. Beruntung, Sultra memiliki beberapa smelter yang sudah berjalan untuk pemurnian hasil pertambangan. “Nah, itu artinya pemerintah daerah sangat tanggap dengan persoalan yang ada dan memang kekayaan alam Sultra adalah penarik utama masuknya investor. Saya pikir di tahun 2017 ini sudah ada yang running,” tambahnya.

Ia menaruh harapan, agar investor yang masuk Sultra, baik sebelumnya maupun di masa mendatang, dapat secara maksimal melibatkan pengusaha dan SDM lokal. Ia pun mendorong investasi dalam negeri maupun asing agar saling bersinergi dengan pengusaha dan SDM lokal untuk menghasilkan produk bermutu. Selain dukungan penuh dari pemerintah daerah dan masyarakat Sultra dengan merapatkan barisan untuk ciptakan suasana yang kondusif demi memancing investor.

“Tapi jangan sampai kebablasan. Jangan sampai aset Sultra habis dan tidak termanfaatkan secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia umumnya dan Sultra khususnya,” pesan Mandi. (febry)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top