Tingkatkan SDM Putra Daerah, Butur Gelontorkan Rp 1,5 Miliar Untuk Beasiswa Pendidikan – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Iklan LA
Buton Utara

Tingkatkan SDM Putra Daerah, Butur Gelontorkan Rp 1,5 Miliar Untuk Beasiswa Pendidikan

KENDARIPOS.CO.ID BURANGA-Pemerintah Kabupaten Buton Utara terus berbenah. Selain fokus membangun infrastruktur. Kabupaten yang dipimpin, Abu Hasan itu,  terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia   putra daerahnya melalui sektor pendidikan.  Tak tanggung-tanggung di tahun 2017 mendatang, Pemda Butur bersama DPRD setempat  menggolontorkan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar  untuk memberikan  kesempatan bagi siswa berprestasi dan tak mampu untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

La Ode Abdul Manan

La Ode Abdul Manan

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Buton Utara, La Ode Abdul Manan menuturkan, Program pemberian beasiswa pendidikan diperuntukan bagi siswa berprestasi dan tak mampu  merupakan yang pertama kalinya dan  terjadi dimasa kepemimpinan Abu Hasan-Ramadio. Menurutnya, gagasan memberikan beasiswa pendidikan bagi putra daerah telah diusul beberapa tahun lalu namun belum bisa terealisasi.

BACA JUGA :  Ini Daftar Lengkap 16 Pejabat Eselon II Resmi Dilantik Bupati Butur

“Berdasarkan kebijakan umum  perencanaan  plafon anggaran  sementara yang diusulkan Eksekutif ke DPRD Buton Utara jumlah anggaran yang diporsikan untuk beasiswa pendidikan awalnya sebesar Rp 3 miliar. Hanya saja,  dalam pembahasan di Komisi III yang membidangi pendidikan hanya bisa mengakomodir Rp 1,5 miliar,” ujar La Ode Abdul Manan saat ditemui di Aula Bappeda Buton Utara, Kamis (29/12).

Legislator asal Partai Amanat Nasional ini enggan menjelaskan secara rinci mengapa anggaran yang diusulkan terjadi pemangkasan. Pria yang akrab disapa Manan ini mengatakan, untuk tahap awal cukup Rp 1,5 miliar ,  nanti secara perlahan-lahan ke depan akan ditingkatkan jumlahnya. “Itu merupakan kesepakatan bersama di komisi III DPRD Buton Utara,” katanya. Manan menambahkan, paling tidak melalui anggaran beasiswa pendidikan tersebut telah mampu membiayai SPP dan tempat tinggal mahasiswa disalah satu universitas negeri unggulan di Sultra.

BACA JUGA :  Kemendagri: Posisi Bupati Buton Utara Aman, Mosi Tak Percaya DPRD Hal Biasa

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Utara, Muh Yasin menuturkan,  pemberian beasiswa pendidikan merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya diperuntukkan bagi putra daerah yang potensial menjadi cikal bakal penerus bagi pendahulunya dilingkup pemerintahan dan berbagai sektor lainnya demi kemajuan Buton Utara. “Anggaran  beasiswa pendidikan yang diakomodir DPRD hanya sebesar Rp 1,5 miliar,” ujar Muh Yasin.

BACA JUGA :  BPMD Butur Bentuk BUMDes

Muh Yasin menambahkan, pemberian beasiswa pendidikan tinggi nantinya akan diporsikan bagi siswa yang tak mampu dan berprestasi. Siap yang berhak mendapatkan beasiswa itu kelak, kata dia, nantinya akan melalui seleksi yang ketat sehingga pemberian beasiswa tepat sasaran  berdasarkan regulasi yang ada.

“Sebagai informasi terkait kualitas calon penerima beasiswa nantinya, pihak Dinas Pendidikan Butur akan memberikan kewenangan kepada kepala sekolah khususnya di satuan pendidikan menengah atas untuk merekomendasikan siswanya yang berprestasi dan tak mampu yang dianggap layak untuk mendapatkan bantuan pendidikan,” tandasnya. (Hadrian)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Iklan Catur
To Top