Rutan Unaaha Rusak Diterjang Puting Beliung – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Iklan LA
Konawe

Rutan Unaaha Rusak Diterjang Puting Beliung

Atap Rutan Unaaha rusak berat karena diterpa anging puting beliung

Atap seng Rutan Unaaha rusak berat karena diterpa anging puting beliung

KENDARIPOS.CO.ID,UNAAHA-–Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kabupaten Konawe pada Senin (12/12), membuat Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Unaaha rusak. Atap bangunan gedung itu mengalami kerusakan yang cukup parah. Kejadian tersebut sempat memicu ketegangan ratusan penghuni Rutan, mereka berusaha kabur mencari perlindungan, agar tidak ikut tersapu angin puting beliung.

Salah seorang warga yang berada didekat Rutan sempat merekam musibah tersebut. Dalam rekamam video amatir yang berhasil didokumentasikan warga Desa Lalonggowuna itu, menunjukkan puing-puing bangunan Rutan berterbangan. Angin puting beliung terlihat berputar-putar dari dalam Rutan tersebut, bahkan bunyi bel tanda bahaya sempat berbunyi yang mengintruksikan kepada seluruh penghuni lapas untuk mencari tempat perlindungan.

Kepala Rutan Klas II B Unaaha, Abdul Samad, yang dikonfirmasi kemarin membenarkan peristiwa tersebut. Akibat angin puting beliung yang terjadi di area Rutan, beberapa bangunan mengalami kerusakan parah diantaranya masjid, kantor penjagaan, blok hunian, dapur, aula Rutan serta antena pemancar wifi juga juga ikut mengalami kerusakan.

“Akibat peristiwa ini beberapa bangunan rusak parah sebagian besar atapnya lepas beterbangan disapu angin puting beliung. Kalau tidak salah, kejadiannya sekitar pukul 15.45 Wita, dimana saat itu terjadi hujan dan angin kencang. Untuk total kerugian diperkirakan sekitar Rp 200 juta,” jelasnya.

Untuk saat ini, kondisi dalam Rutan sudah membaik, para penghuni Rutan bergotong royong bersama pegawai Rutan
memperbaiki bangunan yang bisa diberbaiki dengan bahan-bahan seadanya, agar aktivitas bisa berjalan kembali seperti biasanya.

“Sebanyak 262 tahanan sudah tenang, mereka sudah kembali beraktivitas seperti sedia kala, pihak Kementerian Hukum dan HAM sudah berkunjung melihat kondisi tersebut untuk melakukan pendataan, agar bangunan-bangunan yang rusak bisa diperbaiki kembali,” tuturnya. (dedy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Iklan Catur
To Top