Alamak, Sejam Lima Rumah dan Tiga Motor Ludes Dilalap Si Jago Merah – Kendari Pos Online
Bau-bau

Alamak, Sejam Lima Rumah dan Tiga Motor Ludes Dilalap Si Jago Merah

KENDARIPOS.CO.ID BAUBAU- Insiden kebakaran terjadi di Jalan Srikaya RW 02 Kelurahan Kadolo Kecamatan Kokalukuna Kota Baubau, Rabu (7/12). Dalam persitiwa tersebut tercatat sebanyak enam rumah menjadi korban amukan sijago merah. Lima diantaranya ludes terbakar yang tinggal menyisahkan puing. Sedangkan satu rumahnya lagi, masih bisa terselamatkan.

kebakaran

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.30 Wita. Api diduga berasal dari salah satu rumah warga atas nama Muhamad Rusdin (35). Diduga terjadi dari ledakan sebauh kompor yang diyalakan oleh anaknya yang hendak memasak mie instan.

Saat kejadian, kondisi rumah dalam keadaan kosong. Sebab, Muhamad Rusli dan istrinya sedang keluar. Begitu pula dengan anaknya yang menyalakan kompor. Ia keluar rumah untuk membeli mie istan ke warung. Namun, saat dia kembali dan hendak menuju dapur, dia melihat api sudah berkobar.

“Anaknya Pak Rusdin itu masih kecil. Tapi, mungkin dia lapar, makanya dia ingin memasak sendiri. Tapi, pas dia sudah menyalakan kompor, dia tinggalkan dan pergi ke warung. Begitu kembali, rumah sudah terbakar,” kata salah satu ibu rumah tangga, Harlina yang rumahnya juga ludes dilalap api.

Meski warga sempat berupaya melakukan pemadaman dengan bahan seadanya, namun api tidak mampu dipadamkan. Kondisi cuaca yang panas ditambah lagi angin kencang membuat kobaran api semakin membesar. Sehingga, menjalar cepat di rumah lain. Sebab jaraknya sangat berdekatan.

“Saat kebakaran terjadi, saya ada dalam rumahku. Tapi, tiba-tiba saya lihat rumahnya Pak Rusdin ada kobaran api. Baru asapnya banyak dan hitam. Karena panik, saya langsung gendong anakku dan lari keluar,” terang Harlina.
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua RW 02, Rusdin yang melihat peristiwa tersebut bermula dari rumah Muhamad Rusli. Kemudian, menjalar kelima rumah lainya dengan cepat.

“Setelah rumahnya Pak Rusdin terbakar, api menjalar ke rumahnya La Nangka (orang tua Rusdin) kemudian Pak Samrin lalu Pak Taufik. Empat kepala keluarga (KK) ini adalah satu keluarga. Bapaknya mereka La Nangka. Makanya rumahnya berdekatan semua,” terangnya.

“Mobil pemadam kebakaran datangnya terlambat.  Dari pukul 13.30 Wita kejadiannya dan nanti pukul 14.30 baru mobil pemadam ada di lokasi, dan 5 rumah sudah ludes” terang Rusdin.
Selain enam rumah, dalam insiden itu juga menghanguskan tiga buah motor. Yaitu, motor jenis Scorpio dan Shogun milik Pak Taufik dan Honda Revo milik La Kainti. (Ahi/)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top