Cuaca Ekstrim, Nelayan Diminta Waspada – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Kolaka

Cuaca Ekstrim, Nelayan Diminta Waspada

Ilustrasi perahu nelayan di tepi pantai

Ilustrasi perahu nelayan di tepi pantai

KENDARIPOS.CO.ID,KOLAKA—Hujan deras disertai petir dan angin kencang sering terjadi di Kabupaten Kolaka beberapa hari terakhir ini. Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengimbau kepada warga khususnya nelayan untuk waspada. Sebab, kondisi tersebut sewaktu-waktu dapat terjadi dan sulit untuk diprediksi.

“Kondisi cuaca di Sultra termasuk di Kolaka sangat ekstrim dan sulit untuk diprediksi. Jadi kami hanya dapat mengimbau kepada nelayan untuk berhati-hati dalam bekerja. Jika ada informasi dari BMKG mengenai adanya angin kencang, maka sebaiknya nelayan jangan terlalu jauh mencari ikannya,” kata Aris Parubak, Kepala BPBD Kolaka.

Aris juga mengingatkan warga untuk waspada saat terjadi hujan deras. Sebab, hujan deras terkadang disertai angin kencang dan petir. “Kalau hujan deras, sebaiknya jangan berteduh di bawah pohon, karena biasanya saat bersamaan juga terjadi angin kencang dan petir,” tuturnya.

Dari pantauan Kendari Pos, sejumlah kapal-kapal nelayan di Kecamatan Latambaga terlihat masih bersandar di tepi pantai. Salah seorang nelayan, Rahman mengaku sengaja tidak melaut. Alasannya, cuaca yang akhir-akhir ini cukup ekstrim dinilainya sangat membahayakan keselamatannya.

“Sudah berapa hari ini saya tidak melaut. Saya juga takut. Soalnya petir dan kencang juga angin. Itu bahaya, apalagi saya yang pakai kapal kecil,” tuturnya. (fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top