Berkas Hilang, La Rengke Laporkan KPU Buton ke Polisi – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Iklan LA
Buton

Berkas Hilang, La Rengke Laporkan KPU Buton ke Polisi

La Rengke saat mendaftar di KPU Buton.

La Rengke saat mendaftar di KPU Buton.

KENDARIPOS.CO.ID,PASARWAJO—Gagal menjadi salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buton, membuat H Hamin alias La Rengke mengambil sikap lain. Setelah berkas pendaftarannya ditolak KPU, ia memilih menuju kantor Mapolres Buton untuk melaporkan para komisioner KPU Buton dengan dugaan menghilangkan berkas pendaftaran yang pernah mereka setor Sabtu (29/10), dua bulan lalu.

“Atas nama partai pengusung yaitu, PDIP, Gerindra, PPP dan PKPI, saya telah  melaporkan kehilangan dan pengelapan dokumen syarat calon dan pencalonan ke Polres Buton, yang diduga dilakukan oleh KPU Buton. Karena sampai saat ini, dokumen asli syarat calon dan pencalonan yang kami ajukan saat pendaftaran awal 29 Oktober 2016 lalu, kami belum terima. KPU belum mengembalikannya,” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Buton,  La Jana Ali saat ditemui kAMIS (17/9).

Menurutnya, hal tersebut adalah perbuatan kriminal dan yang bertanggung jawab adalah KPU Buton. Karena, dasar dari semua itu pada saat pihaknya mendatangi Kantor Komisioner, Sabtu (29/10) bersama pasangan H.Hamin-Farid untuk melakukan pendaftaran sesuai tahapan. Dengan menyertakan seluruh dokumen syarat calon dan pencalonan yang meliputi BB, B1, B2, B3 dan B4, KWK Parpol.  Namun, dengan sengaja, sekitar pukul 23:00 Wita, KPU meninggalkan lokasi tanpa mengembalikan seluruh dokumen syarat calon dan pencalonan yang telah kita ajukan.

“Anggota Komisioner memiliki tanggung jawab penuh atas semua itu. Karena kami sudah mencoba meminta langsung tetapi, KPU hanya menyodorkan lembaran berita acara penyerahan pada LO partai pengsung tanpa disertai berkas syarat calon dan pencaloan. Sehingga, LO menolak untuk menanda tangani surat tersebut. Saat ini, laporan yang sama juga telah kami ajukan ke Panwas Buton,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Buton Alimudin Sikuru yang ditemui di kantornya mengungkapkan, pihaknya sama sekali tidak mempersoalkan jika Parpol pengusung melapor. Menurutnya, semua itu menjadi hak setiap orang jika merasa dirugikan. “Bagi kami, sepanjang semua telah kita lakukan sesuai dengan mekanisme yang diatur oleh Udang-Undang dan PKPU maka, tidak menjadi masalah,” ucapnya.

Lagi pula, kata Alimudin, KPU tidak bisa dibebankan sebagai penanggung jawab penuh atas hilangnya berkas calon dan pencalonan yang mereka miliki. Sebab semua itu, terjadi karena kondisi yang tidak normal. “Satupun tidak ada bukti tertulis penerimaan berkas pada kami. Kehilangan itu terjadi karena keadaan mulai memanas yang diciptakan oleh mereka sendiri. Sehingga, sekali lagi, untuk masalah ini KPU tidak bisa dibebankan,” tandasnya.

Kapolres Buton, AKBP Andi Herman SIK membenarkan adanya laporan tersebut. Pihaknya berjanji akan memproses masalah itu tapi, bukan untuk masalah pidananya. “Melainkan kita hanya membuatkan berita acara kehilangan untuk keperluan pengurusan berkas baru. Kalau mau mencari siapa yang salah atau menghilangkan dokumen, maka silahkan lapor ke Panwas,” pungkasnya.(ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Iklan Catur
To Top