HEBAT! Konsel Menjadi Darah Penangkaran Bibit Sapi IB Nasional – Kendari Pos Online
Konawe Selatan

HEBAT! Konsel Menjadi Darah Penangkaran Bibit Sapi IB Nasional

Direktur Kendari Pos, Onggi Nebansi bersama jajarannya saat melakukan silaturahmi kepada Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, Wakil Bupati, Arsalim Arifin, dan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo di Rujab Bupati Konsel, Rabu (16/11).

Direktur Kendari Pos, Onggi Nebansi bersama jajarannya saat melakukan silaturahmi kepada Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, Wakil Bupati, Arsalim Arifin, dan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo di Rujab Bupati Konsel, Rabu (16/11).

KENDARIPOS.CO.ID,ANDOOLO—Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga dan Arsalim amat percaya bahwa program pembagunan yang sudah dan sedang mereka laksanakan tak akan diketahui banyak orang tanpa dukungan media. Makanya, duet pemimpin yang baru 10 bulan menjadi nakhoda di Konsel itu sepakat membangun kemitraan dengan Kendari Pos, untuk mempublikasikan berbagai kemajuan daerah yang mereka pimpin itu.

“Saat ini misalnya, kami telah menjadi salah satu daerah sentra penangkaran bibit sapi  Nasional. Bila selama ini bibit sapi harus di datangkan dari Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai daerah yang memiliki sertifikasi dalam penyediaan bibit sapi, maka kini bibit sapi dapat diperoleh di Konsel,” kata Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, saat menerima kunjungan jajaran pimpinan Kendari Pos, di rumah jabatan Bupati Konsel, Rabu (16/11).

Keberhasilan Konsel menjadi daerah penangkaran bibit sapi bali melalui Inseminasi Buatan (IB), lanjut Surunuddin, haruslah disyukuri. Hal itu akan mendongkrat penghasilan peternak yang sangat banyak di Konsel. “Saya melihat bila ternak yang dikembangkan, maka penghasilan petani peternak akan berkali-kali lipat. Apalagi, bibit sapi Bali melalui IB ini baru umur dua tahun saja harganya sudah Rp 7 juta. Olehnya, perjuangan kita menjadikan Konsel sebagai sentra pengadaan bibit sapi Nasional ini patut kita syukuri. Apalagi, program ini baru mau berjalan saja daerah lain seperti Kaltim sudah pada memesan,” kata Surunuddin, yang saat memberikan keterangan didampingi Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin dan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo.

Wabup Konsel, Arsalim Arifin mencontohkan sapi Bali melalui  IB itu seperti sapi qurban Gubernur Nur Alam pada lebaran Idul Adha 2016 lalu. “Sapinya ukurannya besar, itu sudah berharga Rp 25 Juta. Diperoleh di daerah Mowila,” kata Arsalim.

Yang oleh Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo diperlihatkan foto sapi IB. “Sapi ini sudag berkembang di Konsel. Kalau Konsel telah resmi menjadi daerah penangkaran sapi Nasional, maka percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Konsel akan berlangsung baik,” katanya.

Untuk menyukseskan program tersebut, Bupati Konsel juga telah menjalin kersama dengan sejumlah perbankkan. Adanya dukungan perbankkan dalam menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR), maka para petani bisa mengembangkan usahanya. “Kita juga akan meningkatkan SDM petani peternak kita agar program ini bisa sukses,” kata Surunuddin.

Tak kalah pentingnya, lanjut Surunuddin, adalah peranan media massa dalam mensosialisasikan setiap kegiatan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Disadari oleh Surunuddin bahwa, pemerintah telah melakukan banyak hal, namun tentu saja agar hal itu bisa diketahui oleh masyarakat luas, maka peranan media menjadi begitu strategis.

“Kerjasama antara Pemda dan Kendari Pos selama ini berlangsung dengan bagus. Hal ini tentu harus dipertahankan dan ditingkatkan. Hal ini tentu saja sejalan dengan visi misi Desa Maju Konsel Hebat. “Kalau Konsel bisa hebat, maka masyarakat harus sejahtera, kemudian pendidikannya, dan kesehatan harus terjamin,” katanya.

Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo mengapresiasi kunjungan sejumlah pimpinan harian surat kabar terbesar di Sultra itu. Irham menjelaskan, pada dasarnya, terkait rencana kerja sama yang akan dibangun dengan Pemda pihaknya sangat mendukung. Pasalnya untuk mengukur kesuksesan dalam memimpin itu tidak terlepas dari bantuan media. “Misalnya, seperti terobosan yang dilakukan oleh bupati dan wakil hari ini melalui Desa Maju, Konsel Hebat. Ini semua tentu juga berjalan baik berkat sinergitas yang terbangun dengan DPRD Konsel,” katanya.

Sementara itu, Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi mengaku siap menyukseskan semua program pembangunan daerah yang dinahkodai oleh pasangan Surunuddin-Arsalim itu, baik melalui dukungan publikasi maupun kegiatan lainnya seperti Konsel Expo.

Dalam kunjungan Kendari Pos di Konsel, Rabu (16/11), Direktur Onggi Nebansi turut didampingi Wakil Direktur Kendari Pos, Agus Tranhadi, Pimred kendaripos.co.id, Sawaluddin Lakawa, Direktur Kendaripos Event Organizer (EO) Nursyamsi Abidin, Menajer Iklan, Awal Nurjadin, Manajer Sirkulasi, Viktor Bittikaka.(kamal)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top