Pendaftaran Ulang, 300 Polisi Disiagakan di Buton – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Iklan LA
Buton

Pendaftaran Ulang, 300 Polisi Disiagakan di Buton

Ilustrasi. Foto: dok jpnn

Ilustrasi. Foto: dok jpnn

KENDARIPOS.CO.ID,PASARWAJO—Kesempatan bakal pasangan calon (Paslon) H Hamin-Farid menantang Paslon Samsu Umar Abdul Samiun-La Bakry di Pilkada Buton masih terbuka. Hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton membuka peluang bagi H Hamin-Farid mendaftarkan diri sebagai calon kontestan. Pendaftaran dibuka selama tiga hari, 14-16 November 2016.

Polisi pun tak mau kecolongan. Sedikitnya, 300 personel disiagakan Polres Buton dalam mengamankan pendaftaran tersebut. Tindakan tersebut dilakukan oleh Polres Buton agar pada pelaksanaan Pilkada dengan segala tahapannya dapat berlangsung secara aman. “Kita inginkan semua berjalan lancar. Makanya, pengamanan dilakukan secara ketat dengan mempertimbangkan kemungkinan situasi terburuk sebagai imbas dari kebijakan yang ada. Saya tidak inginkan ada sesuatu terjadi dan menghambat jalannya tahapan Pilkada di Buton,” kata AKBP Andi Herman, Kapolres Buton, Minggu (13/11).

Pada dasarnya, lanjut dia, proses pengamanan yang dilakukan tidak berbeda dengan pengamanan tahapan pada pendaftaran sebelumnya. “Apapun itu, seluruh tahapan yang dikeluarkan dan dilakukan oleh KPU, wajib kita amankan,” katanya.

Ia menambahkan, kepada seluruh pihak agar secara bersama-sama ikut mengamankan jalannya tahapan. “Saya harap, jangan ada kejadian menodai Pilkada ini. Jangan coba melakukan kerusuhan ataupun provokasi. Sebab, kalau hal itu terjadi maka, kami tidak akan segan-segan mengambil tindakan dan langkah tegas,” imbaunya.

Sesuai agenda, hari ini KPU Buton akan mulai membuka tahapan pendaftaran ulang bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Buton. Pendaftaran akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan selama tiga hari kedepan. Komisioner KPU Buton pun masih menyikapinya dengan santai. “Mekanismenya tidak ada yang berubah. Tetap mengacu pada ketentuan yang ada pendaftaran calon. Dibuka pukul 08:00 Wita hingga 16:00 Wita,” kata Alimudin Sikuru, Ketua KPU Buton, Minggu (13/11).

H Hamin-Farid diminta membawa kelengkapan berkas persyaratan pencalonan. SK parpol pengusung wajib ditandatangani oleh Ketua dan Sekjen DPP partai. “Kami berikan kesempatan pada Parpol untuk mendaftarkan calonnya. Soal bagaimana kedepannya, kita belum tahu. Yang pasti, sikap dan keputusan KPU akan mengacu pada kepengurusan parpol yang terdaftar di Kemenkumham. Itu sudah menjadi ketentuan undang-undang Pilkada,” terangnya.

“Intinya, partai yang belum mendaftarkan calonnya, silakan mendaftar. Kalau sesuai aturan maka, kita akan eksekusi dan jika tidak maka kita juga akan eksekusi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslih Buton La Saluru mengungkapkan, pihaknya berkomitemn untuk tetap mengawal jalannya tahapan pendaftaran ulang Paslon Bupati Buton. “Ini putusan kami dan akan dikawal sesuai prosedur. Termasuk soal pengawasan terhadap keterlibatan Aparatur Sipil Negara,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Panwaslih Buton telah memutuskan sengketa pencalonan yang dilakukan oleh KPU. Panwas pun menetapkan agar KPU membuka kembali pendaftaran bakal pasangan calon karena pada tahapan pendaftaran yang dilakukan sebelumnya, terjadi pelanggaran. KPU dianggap lebih awal menutup pendaftaran sebelum waktunya selesai. Bakal pasangan calon H Hamin-Farid mengajukan sengketa pencalonan di Panwaslih ketika itu dan akhirnya dimenangkan oleh pemohon. Kesempatan menjadi kontestan Pilkada Buton pun terbuka bagi pasangan ini. (ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Iklan Catur
To Top