Imigrasi Baubau Perketat Pengawasan TKA – Kendari Pos Online
Koni Sultra
Iklan DPRD
Bau-bau

Imigrasi Baubau Perketat Pengawasan TKA

KENDARIPOS.CO.ID,BAUBAU—Meski tidak menimbulkan persoalan urgen dalam masyarakata tetapi, Kantor Imigrasi Kelas III Baubau terus melakukan pengawasan secara ketat terhadap keberadaan orang asing dalam wilayah otoritasnya. Khususnya bagi mereka yang datang dengan tujuan untuk menjadi Tenaga Kerja Asing (TKA). Semua itu dilakukan agar keberadaan para pekerja asing bisa terpantau dengan baik.

“Kita inginkan TKA yang masuk di Indonesia khususnya, delapan kabupaten/kota yang menjadi wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas III Baubau memiliki dokumen dan surat-surat keimigrasin secara lengkap, agar, status dan keberadaanya jelas. Makanya, kita terus melakukan kroscek di lapangan untuk mengetahui data riil jumlah TKA yang ada dalam tanggung jawab kerja kami,” kata Plh Kasupsi Informasi dan Sarana Komunikasi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas III Baubau, Ridho Aprizal. Z, saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Terlebih lagi lanjut dia, dalam pantauan yang mereka lakukan selama 2016, pihaknya berhasil mendapatkan tiga WNA dengan status sebagai TKA yang tidak memiliki dokumen lengkap. “Kadang ada beberapa TKA yang acuh dan tidak melapor ke Kantor Imigrasi. Sehingga, begitu masa berlaku pasport mereka sudah habis maka, statusnya menjadi ilegal. Seperti tiga TKA yang kita sudah deportasi ke negaranya masing-masing. Yaitu, dua TKA asal Filipina dan satunya lagi dari India,” ucapnya.

Kata dia, dari jumlah keseluruhan 120 WNA yang masuk dalam wilayah otoritas Kantor Imigrasi Kelas III Baubau hanya, 12 orang yang tercatat sebagai TKA. Selebihnya terdaftar dengan tujuan bisnis dan berwisata. “Orang asing dengan tujuan bisnis tidak masuk dalama kategori tenaga kerja. Karena ia mengeluarkan uang untuk kepentingan bisnisnya. Terkeculi mendapat upah dari Indonesia sebagai bayaran atas jasanya maka, yang bersangkutan masuk kantegori tenaga kerja,” jelasnya. (ahirman)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top