Muhammad Jayadin: APBD Kolaka Berpihak pada Petani dan Nelayan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kolaka

Muhammad Jayadin: APBD Kolaka Berpihak pada Petani dan Nelayan

Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin bersama Direut Kendari Pos, Irwan Zainuddin beserta jajaran Kendari Pos, Kamis (10/11)

Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin bersama Direut Kendari Pos, Irwan Zainuddin beserta jajaran Kendari Pos, Kamis (10/11)

kendaripos.fajar.co.id,KOLAKA—Bumi Mekongga, Kolaka tidak hanya punya potensi sumber daya mineral yang melimpah, dan kini sedang dieksploitasi beberapa usaha pertambangan. Daerah itu juga kaya dengan hasil-hasil pertanian dan perikanan, yang menjanjikan masa depan sejahtera bagi rakyatnya. Pemerintah setempat pun menyadari betul hal itu, sehingga politik anggaran daerah disusun berpihak kepada petani dan nelayan.

“Kami percaya, bahwa sektor pertanian dan perikanan di Kolaka bisa membuat masyarakat sejahtera bila dikelola dengan baik,” kata Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin dihadapan jajaran pimpinan Kendari Pos yang berkunjung ke Kolaka, Kamis (10/11).

Katanya, dua sektor itu benar-benar jadi perhatian serius pemerintah daerah, dengan terus memberi stimulus kepada petani dan nelayan, agar produksi mereka meningkat.

Pasangan H Ahmad Safei ini bercerita, setiap tahun pihaknya mengalokasikan program bantuan untuk memenuhi kebutuhan petani dan nelayan, baik dalam bentuk bibit dan pupuk serta alat tangkap yang memadai. Dengan bantuan itu, petani dan nelayan dapat menghasilkan produksi maksimal. Sehingga, kesejahteraan mereka dapat meningkat. “Kami lihat, manfaatnya besar. Ekonomi petani dan nelayan cukup pesat peningkatannya. Ini terus kami jaga,” tandasnya.

Jayadin menambahkan, selain menyiapkan kebutuhan para petani dan nelayan, Pemkab Kolaka juga juga saat ini sedang gencar melakukan perbaikan infrastruktur. Hal itu dapat  dilihat dari perbaikan ataupun pengaspalan jalan yang dilakukan di berbagai sudut kota. “Sekarang kami sedang lakukan perbaikan dan pengaspalan di Kota Kolaka. Ini untuk memperlancar perputaran ekonomi dan mempermudah akses. Selain itu, sebagai salah satu persiapan mengusul Kolaka sebagai kota madya,”  papar Ketua KONI Kolaka itu.

Dengan banyaknya pembangunan yang sedang berlangsung di Kolaka, kata Jayadin, pihaknya membutuhkan peran media untuk membantu mengawal dan mempublikasikan pembangunan yang sedang berlangsung. Untuk itu, pihaknya berencana menggandeng Kendari Pos untuk membantu mengawasi dan mempublikasikan setiap pembangunan di Kolaka. “Terima kasih kepada Kendari Pos yang selalu mengekspos pembangunan di Kolaka,” katanya.

Untuk itu, Jayadin amat berharap kerjasama antar Pemda Kolaka dan Kendari Pos terus berlanjut. Sebab, walaupun pembangunan sudah lakukan tapi kalau tidak pernah terpublikasi, maka pembangunan itu tidak akan diketahui oleh orang lain yang berada di luar Kolaka.

Sementara itu, Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin menyampaikan apresiasi atas sambutan  yang diberikan  Pemkab Kolaka kepada Kendari Pos. katanya, salah satu visi Kendari Pos yaitu ikut ambil bagian dalam memajukan daerah di Sultra, termasuk tentu saja Kolaka. “Pembangunan yang Pemda Kolaka yang sudah dilakukan perlu diketahui oleh masyarakat di luar Kolaka, bahwa Kolaka ini memiliki pembangunan yang pesat,” tuturnya.

Irwan juga menyambut baik keinginan Pemkab Kolaka untuk bersinergi dengan Kendari Pos dalam hal publikasi berbagai kemajuan daerah, karena sesungguhnya salah satu peran media adalah memberi edukasi kepada masyarakat tentang kerja-kerja pemerintah dalam memajukan daerah. “Good news it the best news, itu paradigma Kendari Pos sekarang. Kemajuan daerah itu juga berita yang bagus,” tandasnya.

Selain Direktur Utama, pertemuan dengan Pemkab Kolaka kemarin juga diikuti Pempred Kendari Pos, Hasanuddin, Pempred kendaripos.fajar.co.id, Sawaluddin Lakawa, Wakil Direktur, Agus Tranhadi serta Manajer Iklan, Awal Nurjaddin. Sementara Bupati Kolaka, Ahmad Syafei tak sempat hadir karena ada tugas di Kolaka Utara.

USN, Kampus Transparan

Sebelum menemui Wakil Bupati, jajaran pimpinan Kendari Pos terlebih dulu menggelar pertemuan dengan pihak Universitas Sembilan Belas November (USN), salah satu universitas negeri terbesar di Sultra yang berdiri di Kolaka. Meski baru sekitar dua tahun menyandang status negeri, kampus yang berdiri sejak 1984 itu terus mengalami peningkatan kualitas, baik dari segi tenaga pengajar, mahasiswa dan juga pembangunan sarana dan prasarana.

Itu semua berkat tangan dingin Rektor USN, Dr Azhari yang mengelola kampus tersebut dengan semangat akademis dan transparan. Ketika bertemu jajaran pimpinan Kendari Pos, Azhari bercerita bahwa sejak dirinya menjadi rektor tahun 2004 lalu, ia berkomitmen untuk menjadikan USN menjadi kampus yang menelorkan sumber daya manusia yang berkualitas. Makanya, ia merintis kampus yang berbasis online sehingga transparansi di kampus dapat tercipta. “Mulai 2017 mendatang tidak ada satupun transaksi yang tidak diketahui oleh publik karena semuanya tercantum di website, semuanya online. Begitupun dengan nilai yang diperoleh mahasiswa, bahwa nilai yang diperoleh merupakan murni hasil usahanya,” paparnya. Azhari menambahkan, selain mencegah KKN, kampus berbasis online juga dapat mempermudah mahasiswa dala. (fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top