Bupati Konkep Fokus Bangun Infrastruktur 2017, Selanjutnya Cerdas Wawoniiku – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Iklan LA
Konawe Selatan

Bupati Konkep Fokus Bangun Infrastruktur 2017, Selanjutnya Cerdas Wawoniiku

Bupati Konkep, Amarullah dan Wakilnya bersama Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi beserta jajaran di Langara, Konkep, Selasa (8/11).

Bupati Konkep, Amarullah dan Wakilnya, Andi Muhammad Lutfi bersama Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi beserta jajaran di Langara, Konkep, Selasa (8/11).

KENDARIPOS.CO.ID,KENDARI—Pasangan H Amrullah-Andi Muhammad Lutfi (Beramal) perlahan sudah membuktikan janji politiknya pada masyarakat Konawe Kepulauan (Konkep). Gagasan cemerlang bupati dan wakil bupati yang dilantik Februari 2016 ini, sudah terlihat. Kota ditata, mental aparatur dibenahi, pembangunan fisik benar-benar digenjot.

“Tahun 2017, fokus kami adalah membangun infrastruktur. APBD banyak kami arahkan untuk membuka daerah terisolasi. Alhamdulillah, sejauh ini, jalan lingkar Konkep yang mencapai 150 km sudah dibangun. Memang belum semua diaspal, tapi rata-rata sudah ditingkatkan dan akses ke wilayah terjauh sudah terbuka,” kata H Amrullah, Bupati Konawe Kepulauan saat bersilaturahmi dengan jajaran pimpinan Kendari Pos di Rujab Bupati Konkep, Senin malam (7/11).

H Amrullah bercerita, sesuai visi misinya, dia bersama Andi Lutfi memang akan fokus ke bidang kebinamargaan untuk tahun 2017. Harapannya, bila daerah terisolasi sudah terbuka dan semua daerah di Konkep sudah terkoneksi, maka dampaknya akan terlihat. Lalu lintas kendaraan yang membawa hasil-hasil pertanian bakal lebih lancar dan tentu ekonomi masyarakat akan meningkat.

Selain infrastruktur, kata Amrulllah, tahun depan Konkep juga akan mulai menjalankan program Cerdas Wawoniiku. Program ini berupa pemberian beasiswa kepada mahasiswa asal Konkep yang ingin melanjutkan pendidikannya pada jenjang S1, S2, dan S3. Pemerintah akan menyiapkan anggaran hingga Rp 3 miliar untuk kebutuhan sektor pendidikan. Tentu saja sistemnya akan diatur, siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan itu. Kriteria utamanya adalah berprestasi dan tidak mampu.

“Selain itu, sesuai janji saya dulu bahwa 1/3 gaji saya dan tentu nanti akan diikuti wakil dan pejabat lain, akan dihibahkan bagi anak-anak Konkep yang miskin tapi ingin sekolah,” kata mantan Kadis PU Konkep ini diamini Wakil Bupati Konkep Andi Muh Lutfi. Nantinya, ide ini akan dilembagakan agar dikelola dengan profesional. Ia hanya mengeluarkan sebagian gajinya untuk dikelola satu lembaga khusus.

Selain infrastruktur dan pendidikan, Konkep kini menggenjot sektor parawisata. Daerah yang Amrullah pimpin itu ternyata kaya akan destinasi wisata menarik, mulai dari pantai, air terjun dan berbagai situs seperti benteng alam. Air terjun di Konkep salah satu yang menarik adalah Tumbu Rano, dengan ketinggian air hingga 83 meter. Infrastruktur menuju desitansi wisata itu kini juga dibenahi. “Kalau Wakatobi hanya surga di bawah laut, di Konkep ini surga di laut dan di darat,” kata Amrullah, berpromosi. Alumni teknik sipil UGM ini menunturkan, dari lebih kurang 1000 air terjun di wilayahnya, 200 di antaranya sudah teridentifikasi dan semua akan dijadikan objek wisata di masa mendatang yang ia yakini akan membuat Konkep kian terkenal. Tapi semua itu akan terwujud kalau infrastruktur jalan sudah mulus.

Amrullah berharap, Kendari Pos bisa menjadi salah satu mitra strategis bagi pemerintahnya untuk mempublikasikan geliat pembangunan di Konkep. Ia percaya, luasnya distribusi media terbesar di Sultra tersebut, akan sangat membantu mempromosikan daerahnya ke berbagai pelosok Sultra dan Indonesia. Ia pun tidak berkeberatan untuk mengikat kerja sama dengan Kendari Pos. “Tentu kami akan senang bila Kendari Pos bisa membantu Konkep dalam hal pemberitaan. Hanya saja, saya ini tipikal pemimpin yang pemalu. Malu kalau banyak berkoar-koar, tapi tidak bisa saya pertanggungjawabkan. Makanya yang berani saya ekspos itu hanya yang sudah saya kerjakan, karena itu bisa terlihat dengan mata dan dirasakan manfaatnya oleh rakyat Konkep,” urainya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi menyampaikan apresiasi atas sambutan dari Pemda Konkep kepada Kendari Pos. Ia berharap, kerja sama antara dua institusi tersebut bisa terjalin dengan bagus karena salah satu visi Kendari Pos adalah ikut ambil bagian dalam memajukan daerah di Sultra, salah satunya Konkep. “Kemajuan yang Pak Bupati dan Wakil Bupati sudah lakukan untuk daerah, harus juga diketahui oleh masyarakat Konkep yang hidup di daerah lain. Agar mereka tahu bahwa daerahnya sudah pesat perkembangannya,” kata Onggi-sapaan-La Ode Diada Nebansi.

Bukan hanya bekerja sama di bidang publikasi, kata Onggi, Kendari Pos juga membuka ruang untuk bermitra dalam hal menyelenggarakan berbagai event daerah, lewat Kendaripos Event Organizer. Hal itu juga sudah dilakukan oleh daerah lain di Sultra, seperti Kota Kendari, Konawe Selatan, dan Kolaka Utara. “Insya Allah, kami siap mengambil partisipasi dalam mengawal kemajuan dan pembangunan Konkep,” katanya.

Dalam kunjungan di Konkep, selain La Ode Diada Nebansi, juga ada Wakil Direktur, Agus Tranhadi, Direktur Kendaripos EO, Nursyamsi Abidin, Manajer Keuangan, Nasruddin, Manajer Iklan, Awal Nurjadin dan Redpel Kendari Pos, Abdi Mahatma. (kendaripos)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Iklan Catur
To Top