Lupa Matikan Lampu, Rumah Ludes Terbakar – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Kolaka Timur

Lupa Matikan Lampu, Rumah Ludes Terbakar

Rumah Daeng Manka yang ludes dilalap si jago merah.

Rumah Daeng Manka yang ludes dilalap si jago merah.

KENDARIPOS.CO.ID,TIRAWUTA—Si jago merah kembali mengamuk. Kali ini rumah salah seorang warga di Dusun 3 Desa Tawa-Tawaro, Kecamatan Tinondo, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menjadi sasarannya. Tak ada barang yang berhasil diselamatkan dalam insiden itu. Seluruhnya hangus dilalap api.

Kebakaran diduga dipicu oleh lampu pelita yang dinyalakan Daeng Mangka (60) pemilk rumah sebelum meninggalkan kediamannya saat Magrib. Ia keluar rumah bersama sang anak dan meninggalkan lampu pelita tetap menyala di dalam rumah. Sekitar pukul 18.30 api mulai terlihat membesar. Beruntung tak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Empo (33), anak korban membenarkan kejadian itu. Sesaat sebelum rumahnya terbakar, ia bersama ayahnya (Daeng Mangka) sedang menuju Mowewe menjenguk keluarga. Sebelum pergi, ayahnya terlebih dahulu menyalakan lampu. Tak disangka, saat keluar rumah, api tiba-tiba membesar dan menghanguskan berkas-berkas penting dan uang senilai Rp 14 juta, 10 gram emas, 1 buah TV, 6 buah speaker, 1 buah genset. Kerugian itu ditaksir sekitar Rp 85 juta.

“Berkas penting kami sekeluarga terbakar semuanya, mulai dari ijazah, kartu keluarga dan masih banyak lagi yang tidak bisa terselamatkan. Kami hanya bisa pasrah saja,” ungkap Empo dengan raut wajah sedih saat ditemui kemarin, (20/10).

Sementara itu, Kadis BPBD Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Makmur Watukila menjelaskan, kebakaran yang terjadi di Tinondo merupakan musibah tak terduga. Berdasarkan informasi, kejadian itu berawal dari lampu pelita yang dinyalakan pada saat keluarga korban hendak keluar rumah.

Saat ini, pihak aparat dan warga membantu korban membangunkan kembali rumah yang sudah dilalap api. BPBD juga sudah memberikan bantuan 9 bahan pokok. Makmur menambahkan, bantuan tersebut sudah disalurkan langsung kepada pihak korban kebakaran. (kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top