Gempa 4,8 SR Guncang Wakatobi – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Wakatobi

Gempa 4,8 SR Guncang Wakatobi

ilustrasi

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID,WANCI—Gempa Bumi berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) mengguncang Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Minggu (9/10) dini hari. Fenomena alam yang sontak mengagetkan dan membuat sebagian masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah itu terjadi pada pukul 02:15: 22 Wita.

“Tadi saya sementara tidur. Tetapi, tiba-tiba saya terbangun karena terdengar gemuruh. Saya pikir ada kendaraan yang tabrakan. Makanya, saya langsung beranjak dari tempat tidur. Namun, hanya berselang sekitar 20 detik, suara yang sama kembali terulang. Ternyata, suara atap rumah yang goyang akibat guncangan gempa. Makanya saya langsung lari keluar,” cerita salah satu penghuni kos di Kecamatan Betoambari Kota Baubau, Ardi dengan nada panik Minggu (9/10) malam.

Secara terpisah, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Baubau, Natsir mengatakan, gempa yang mengguncang kota pemilik benteng terluas di dunia itu, berpusat di Kabupaten Wakatobi 77 kilometer di laut tenggara. Dengan kedalaman 44 kilometer dari. “Pusat gempanya itu di Wakatobi yang berada dititik 5.91 Lintang Selatan (LS) -123.97 Bujur Timur (BT). Makanya, kita di Baubau juga ikut merasakanya,” terangnya.

Sesuai pengalaman selama ini, lanjut dia, kemungkinan untuk adanya gempa susulan tidak akan terjadi. Sebab, adanya gempa susulan hanya terjadi dalam kurung waktu satu jam setelah gempa awal. “Guncangan gempa semalam kan, terjadi dua kali. Muda-mudahan yang ketiga sudah tidak ada. Ditambah lagi, gempa yang terjadi tidak berpotensi menimbulkan tsunami,” katanya.

Mengenai kerugian atau kerusakan yang ditimbulkan dari fenomena alam tersebut lanjut dia, pihaknya belum bisa memberi kepastian. “Masalah kerusakan itu menjadi tanggung jawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau. Tapi, sampai saat ini belum ada laporan terkait hal itu,” ucapnya. (akhirman)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top