Ratusan Rumah Tak Layak Huni Diperbaiki Melalui BSPS Kemenpera – Kendari Pos Online
Iklan DPRD Koni Sultra
Buton Selatan

Ratusan Rumah Tak Layak Huni Diperbaiki Melalui BSPS Kemenpera

 

KENDARINEWS.COM, BATAUGA — Ditjen Penyedia Perumahan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat akan mengucurkan bantuan kepada Pemkab Busel. Bantuan tersebut berupa penanganan rumah warga tak layak huni. Sasaran bantuan tersebut akan difokuskan terhadap penanganan perumahan didua kecamatan masing-masing Kecamatan Batauga dan Sampolawa. Total rumah yang akan ditangani mencapai 340 unit.

perbaikan-rumah-tak-layak-huni-_140516101420-139

ILUSTRASI

Kadis Pekerjaaan Umum Kabupaten Busel, Ir Sunaryo Mulyo MT mengatakan bantuan tersebut bersumber dari APBN melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Mereka yang berhak mendapat bantuan adalah masyarakat yang memiliki rumah tak layak huni. “Filosofi BPSS itu ada bantuan, rangsangan dan unsur swadaya. Jadi sasaran kepada warga yang memiliki rumah tak layak huni, masyarakat yang ingin meningkatkan kualitas rumahnya,” bebernya.

Program tersebut memiliki keterbatasan biaya dan sumber daya. Sehingga pemerintah pusat memberikan stimulan. Artinya bantuan dilakukan untuk merangsang sehingga mendorong masyarakat untuk meningkatkan kualitas rumahnya. Dikatakan bantuan tersebut merupakan aspirasi dari anggota DPR RI Umar Arsal yang mengusulkan kepada Kementrian PU dan PERA sehingga dapat membantu ke Buton Selatan. Sebagai daerah yang baru mekar tentu Buton Selatan sangat menyambut baik setiap program yang muaranya pada pensejahteraan masyarakat.

“Tidak semua daerah mendapatkan bantuan ini. Kami atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada Umar Arsal sudah memikirkan masyarakat Busel untuk bantuan perumahan rakyat ini,” tambahnya. Sebagai tahap awal memang baru dua kecamatan yang mendapatkan bantuan tersebut. Selain lokasinya mudah dijangkau program tersebut juga memiliki limit waktu yang harus dituntaskan sebelum Desember 2015. “Kita berharap kedepannya bantuan ini kedepannya juga bisa menangani untuk wilayah kecamatan lain yang ada di Buton Selatan,” tutupnya. (La Ode Aswarlin/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
To Top