Pengolah Kayu Harus Perusahaan Pemilik IPK – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Buton Selatan

Pengolah Kayu Harus Perusahaan Pemilik IPK

IPK means - Izin Pengolahan Kayu

KENDARINEWS.COM, BATAUGA — Terbitnya Izin Pengolahan Kayu (IPK) yang dikantongi PT Satya Jaya Abadi sebagai perusahaan pengolah jati di Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan, dibenarkan Pemkab Busel. Pihaknya menilai, penerbitan IPK telah sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada. Olehnya itu, perusahaan pengolah kayu harus memiliki IPK, jika tidak berarti itu yang ilegal.

Bupati Busel melalui Kadis Kehutanan Kabupaten Busel Hajaruddin menjelaskan gugatan PTUN terhadap izin pengelolahan kayu (IPK) yang dikeluarkan Pemkab Busel tidak menjadi masalah. Sebab, langkah pemerintah daerah mengeluarkan IPK sudah sesuai dengan rujukan peraturan perundang-undangan. Sesuai dengan P.62/Menhut-62/September 2014, kewenangan yang mengeluarkan IPK itu pemerintah daerah.

“Yang perlu dipahami bahwa sebelum lahir petunjuk teknis yang menjadi acuan peraturan yang baru maka tidak boleh ada kekosongan hukum, artinya aturan yang lama tetap berlaku,” jelasnya.  Dikatakan,  kebijakan pemerintah daerah mengeluarkan IPK juga dalam rangka menyelamatkan aset negara dari mafia pencurian hasil alam di wilayah area peruntukan lain Kabupaten Busel.

Hajaruddin menilai, selama ini dari sekitar 500 hektar luas APL Busel, hampir separuh telah diramba secara ilegal oleh oknum tak bertanggungjawab. “Yang perlu dipahami penurunan kawasan menjadi APL itu tidak sepenuhnya berarti sudah menjadi hak milik orang perorang. Namun itu tetap menjadi tanah negara makanya perlu ada izin dalam pengelolaannya dan tidak boleh meramba sesuka hati,” tutupnya. (La Ode Aswarlin/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top