Pariwara
HEADLINE NEWS

Terima Kasih Imran

Besok, Pj Bupati Konsel Dilantik

Imran

Imran

 

Kendari Masa bakti Imran-Sutoardjo Pondiu sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konsel resmi berakhir, kemarin (12/8). Selama 12 tahun lamanya, Imran merintis dan membangun Konawe Selatan. Atas pengabdian itu, tentu hanya ucapan terima kasih dan selamat jalan yang dapat disematkan atas amanah yang telah diemban Imran-Sutoardjo Pondiu.

Pengabdian Imran dimulai sejak Konsel mekar dari Kabupaten Kendari (sekarang Kabupaten Konawe, red). Bulan Mei 2003-2005, Imran menduduki jabatan sebagai Pj Bupati Konsel. Pada bulan Agustus 2005, Imran maju dalam bursa Pilkada Konsel berpasangan dengan Sutoardjo Pondiu untuk periode 2005-2010. Imran memenangkan pertarungan tersebut. Selanjutnya, bulan Mei 2010 Imran kembali bertarung di Pilkada Konsel untuk periode keduanya dan menang lagi. Namun, kemenangan Imran-Sutoardjo dianulir MK (Juni 2010) dan memerintahkan Pilkada ulang. Juli 2010, Pilkada ulang digelar, Imran-Sutoardjo tetap menang. 12 Agustus 2010 Imran-Sutoardjo dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati untuk periode 2010-2015. 12 Agustus 2015, Imran mengakhiri tugasnya sebagai Bupati

Selama 12 tahun memimpin Konsel, Imran memiliki visi membangun Konsel menuju Kota Minapolitan. Berbagai pembangunan infrastruktur, pengembangan SDM, dan strategi pembangunan lainnya telah dilakukan hingga Konsel tampil sebagai daerah yang benar-benar mandiri. Imran dan Sutoardjo pun sempat berpamitan dengan seluruh SKPD serta masyarakat Konsel beberapa waktu lalu. “Tentu dalam masa kepimpinan saya selama 12 tahun, berbagai macam tanggapan muncul. Ada suka dukanya. Ada yang senang dan ada kurang senang. Ada yang tidak puas dan tentu ada juga tak ikhlas. Melalui kesempatan ini saya haturkan permohonan maaf,” ungkap Imran.

Sejak dilantik pada Mei 2003 kata Imran, banyak perjuangan yang dilakukan dengan dukungan 19 orang pejabat. “Fase itu adalah pertama saya ada di Konsel. Bahkan bisa dibilang duluan terbentuk Konsel dari pada Konawe,” jelasnya.

Dikatakannya, pembangunan di Konsel sudah cukup merata, mulai dari infrastruktur jalan, kantor, pendidikan, kesehatan bahkan sampai angka buta aksara di Konsel semakin berkurang. “Setahu saya tidak ada bupati di Indonesia ini yang jadi bupati 12 tahun 3 bulan. Kalau di Sulawesi ada dua yakni di Luwu Timur dan Konsel. Jadi ini semua sejarah, dan ini perlu diperdakan. Saya berpesan kepada pengganti saya ke depannya, agar melanjutkan pembangunan yang sudah ada, bukan mengubah. Kedua harus menyejahterakan masyarakat. Ketiga, harus transparan dan memberikan ruang kritik bagi publik. Keempat, pemimpin harus melayani masyarakat. karena masih banyak tantangan kita ke depan,” harapnya.

Besok, Pj Bupati Konsel Dilantik

Dalam mengantisipasi kevakuman pemerintahan, Gubernur Sultra Nur Alam telah menunjuk mantan Sekda Konsel, Sardjun Mokke sebagai pelaksana harian (Plh) Bupati Konsel. Namun, masa jabatan Plh dipastikan hanya berlaku sehari (hari ini, red). Pasalnya, Pemprov Sultra telah mengagendakan pelantikan Pj Bupati Konsel, Irawan Laliasa, besok (Jumat, 14/8).

Irawan Laliasa mendapatkan mandat menjadi Pj Bupati Konsel melalui Surat Keputusan (SK) Mendagri Nomor 131.74-4778 tahun 2015. “Hari ini (kemarin, red), kami telah menerima surat resmi dari Kemendagri tentang pengangkatan Pj Bupati Konsel. Surat ini berisi jawaban atas usulan gubernur atas calon Pj bupati meliputi 4 poin penting. Mengangkat Irawan Laliasa sebagai Pj bupati. Sebagai pelaksana tugas, Pj bupati memastikan penyelenggaran pemerintahan sebaik-baiknya, memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan bupati definitif dan menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam salinan SK, Mendagri meminta agar keputusan ini segera dilaksanakan,” ungkap Muhammad Zayat Kaimoeddin, Kepala Biro Pemerintahan Setprov Sultra di ruang kerjanya, kemarin.

Menindaklanjuti SK tersebut lanjut mantan Sekretaris Korpri Sultra ini, pemerintah pun telah mengagendakan acara pelantikan. Sesuai hasil rapat, serah terima jabatan dan pelantikan akan dilaksanakan tanggal 14 Agustus 2015 di Rujab Gubernur Sultra. “Saat ini, undangannya telah disebar. Tidak hanya bagi pejabat di Pemprov, namun juga pejabat dan DPRD Konsel. Jadwal pelantikannya akan dilakukan agak pagi yakni pukul 08.00 Wita. Sebab pukul 10.30 Wita, gubernur akan mengikuti rapat paripurna DPRD Sultra. Agendanya, mendengar langsung pidato Presiden RI tentang nota keuangan (Rancangan APBN) tahun 2015,” jelas mantan Karo Ortala dan Kepegawaian ini.

Selain SK pengangkatan PJ Bupati, kemendagri juga menerbitkan SK pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Konsel. SK pemberhentian Imran sebagai Bupati melalui surat nomor 131.74-4776, dan Sutardjo Pondiu bernomor 131.74-4776. “SK pemberhentian keduanya ditandatangani Mendagri tanggal 10 Agustus atau sama dengan tenggal pengangkatan Pj Bupati Konsel,” pungkasnya. (mal/b)


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top